Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Bukit Indrakila Kabupaten Bangli Berbasis Android

Authors

  • Anak Agung Ngurah Gede Surya Atmaja Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, ITB STIKOM Bali
  • I Gede Suardika Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, ITB STIKOM Bali
  • Ni Kadek Sukerti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.24

Keywords:

Aplikasi Multimedia Interaktif, Pura Bukit Indrakila, Android

Abstract

Pura Bukit Indrakila berada di Desa Dausa, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Pura ini terletak di sebuah bukit kecil yang berjarak 4 kilometer dari Puncak Penulisan. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Pura Bukit Indrakila dari segi lokasi, sejarah berdirinya, dan bagaimana struktur bangunan yang ada di Pura Bukit Indrakila. Melihat dari permasalahan tersebut, maka diperlukannya suatu media informasi digital yaitu multimedia sebagai pendukung untuk memperkenalkan Pura Bukit Indrakila. Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Bukit Indrakila Kabupaten Bangli Berbasis Android ini digunakan untuk memperkenalkan lebih lengkap tentang Pura Bukit Indrakila mulai dari sejarah, lokasi, struktur bangunan, serta keadaan pura yang disajikan dalam bentuk aplikasi. Aplikasi ini dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi android. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu metode MDLC (Multimedia Development Live Cycle) yang terdiri dari tahapan konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan aplikasi (assembly), pengujian aplikasi (testing) dan penyebarluasan (distribution). Pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box dan SUS (System Usability Scale). Pengujian Kuesioner yang telah dilakukan terhadap 30 orang responden dengan perhitungan hasil pengujian aplikasi menggunakan instrumen SUS. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi ini berada di Grade C atau bisa dikatakan Good (Baik) atau layak untuk digunakan

References

[1] I. K. Wartayasa, “Kebudayaan Bali dan Agama Hindu,” Ganaya J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 1, no. 2, 2018.
[2] A. A. Made Sutanaya, “Aktivitas Religius Masyarakat di Desa Kerobokan Kabupaten Badung Dalam Menjaga Keberadaan Pura Petitenget,” Vidya Wertta, vol. 3, no. 1, 2020.
[3] I. K. Mertayasa, “Yadnya Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter,” Tampung Penyang, vol. 17, no. 01, pp. 31–49, 2019, doi: 10.33363/tampung-penyang.v17i01.431.
[4] I. P. Sarjana, “Peran Pura Dalam Meningkatkan Pendidikan Moral dan Ketrampilan,” Vi, vol. 2, no. 1, pp. 10–27, 2019.
[5] I. P. W. Mertha Sujana, “Menggagas Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis BUdaya Spiritual Hindu Pada Perguruan Tinggi,” J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha, vol. 8, no. 2, 2020.
[6] W. S. I Made Gami Sandi Untara, “Eksistensi Pura Tanah Lot Dalam Perkembangan Pariwisata Budaya Di Kabupaten Tabanan,” Cultoure …, vol. 1, no. 2, pp. 186–197, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/cultoure/article/view/833.
[7] I. Anggraini and F. Rahmadayanti, “Pelatihan Pembuatan Blog Bagi Siswa SMA Negeri 5 Pagar Alam,” Ngabdimas, vol. 3, no. 1, pp. 32–41, 2020, doi: 10.36050/ngabdimas.v3i1.240.
[8] K. S. Mustaghfaroh, F. N. Putra, and R. S. Ajeng, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya,” JACIS J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 55–64, 2021, doi: 10.47134/jacis.v2i1.22.
[9] F. Tahel and E. Ginting, “Perancangan aplikasi media pembelajaran pengenalan pahlawan nasional untuk meningkatkan rasa nasionalis berbasis android,” Teknomatika, vol. 09, no. 02, pp. 113–120, 2019, [Online]. Available: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/467.
[10] M. Rusli, K. Anam, and D. R. Putri, “Implementasi Model Delphi dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Objek Wisata di Kabupaten Banyuwangi,” J. Sist. dan Inform., vol. 14, no. 1, pp. 73–79, 2019, doi: 10.30864/jsi.v14i1.254.
[11] I Wayan Gede Oksarya Ega Satrya, I Gede Suardika, and Ni Kadek Sukerti, “Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Paluang Nusa Penida Bali Berbasis Android,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 3, pp. 301–306, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i3.2262.
[12] H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 26–31, 2018, doi: 10.31294/ijcit.v3i1.3753.
[13] W. Widayani and H. Harliana, “Perbandingan Algoritma K-Means dan SFCM Pada Pengelompokkan Rumah Tangga Miskin,” J. Sains dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.34128/jsi.v6i1.200.
[14] F. S. Handayani and A. Adelin, “Interpretasi Pengujian Usabilitas Wibatara Menggunakan System Usability Scale,” Techno.Com, vol. 18, no. 4, pp. 340–347, 2019, doi: 10.33633/tc.v18i4.2882.
[15] D. W. Ramadhan, “Pengujian Usability Website Time Excelindo Menggunakan System Usability Scale (Sus) (Studi Kasus: Website Time Excelindo),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 139, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.977.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Ngurah Gede Surya Atmaja, A. A. ., Suardika, I. G., & Sukerti, N. K. (2022). Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Bukit Indrakila Kabupaten Bangli Berbasis Android. Journal Automation Computer Information System, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)