Perancangan Video Profile CV. Bumi Raya Sekata Berbasis Motion graphic

Authors

  • Ali Mustopa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Aldi Juraidi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas AMIKOM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jacis.v3i1.59

Keywords:

Motion Graphic, Promotion, Company Profile, MDLC

Abstract

Studi ini menggambarkan proses dan hasil dari perancangan video profil untuk CV. Bumi Raya Sekata menggunakan Motion graphic. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan visibilitas dan pemahaman tentang aktivitas, tujuan, dan pencapaian perusahaan melalui media visual yang inovatif dan menarik. Menggunakan Motion graphic dalam video profil menawarkan cara efektif untuk menangkap dinamika perusahaan dan menyajikan informasi yang kompleks dalam format yang mudah dicerna. Kegiatan ini dimulai dengan penelitian mendalam tentang CV. Bumi Raya Sekata dan kebutuhannya, diikuti oleh pengembangan storyboard. Motion graphic dirancang dan dimasukkan ke dalam video, memastikan mereka menyampaikan informasi yang diperlukan dan menjaga estetika merek perusahaan. Selanjutnya, video diedit dan dipoles untuk presentasi akhir. Hasilnya adalah video profil yang informatif dan menarik yang secara visual mewakili identitas dan penawaran perusahaan. Kegiatan ini menekankan pentingnya menggunakan strategi media digital kontemporer, seperti Motion graphic, dalam inisiatif komunikasi dan branding perusahaan. Berdasarkan survey menyatakan secara informasi dan kualitas video dalam proyek ini mendapat indeks 84.7% yang artinya sangat baik dan layak digunakan. Penelitian di masa mendatang dapat mengeksplorasi efektivitas video semacam ini dalam menarik pelanggan dan pemangku kepentingan potensial.

References

A. Yulandina, C. Antoni, and A. Firmanda, “OPTIMALISASI UNSUR LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC UNTUK PROMOSI DIGITAL LEMBAGA PAUD,” J. Digit. Educ. Commun. ARTS, vol. 1, no. 1, pp. 1–19, Jan. 2018, doi: 10.30871/deca.v1i1.588.

M. T. Nugroho and H. Kurniawan, “Perancangan Video Company Profile PT Fala Group Indonesia Berbasis Multimedia Sebagai Media Promosi,” Respati, vol. 17, no. 2, pp. 71–78, 2022.

A. D. F. Inna Novianty, Nurul Ulfa Ashilah, “PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE DAN PRODUK MULTIMEDIA UNTUK SOSIAL MEDIA RUMAH SAKIT HEWAN PENDIDIKAN (RSHP) IPB,” J. Sains Terap., vol. 11, no. 1, pp. 69–61, 2021.

D. C. Wulandari and B. S. Nugraha, “Perancangan Iklan Pada Wisata Water Byur Gunungkidul Menggunakan Teknik Liveshoot Dan Motion Graphic,” INFOS J., vol. 1, no. 4, pp. 1–6, 2017.

S. Ramdhan, R. Tullah, and S. N. Janah, “Iklan Animasi Stop Bullying pada SD Negeri Cibadak II Berbasis Multimedia,” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 2, pp. 6–13, 2019, [Online]. Available: https://stmikglobal.ac.id/journal/index.php/sisfotek/article/view/240

A. A. Kusumadinata, Ike Atikah Ratnamulyani, and Muhamad Rendi Nurmansyah, “Hubungan Motion Graphic Sebagai Konten Promosi Sekolah di Media Sosial,” Communications, vol. 1, no. 2, pp. 77–90, 2019, doi: 10.21009/communications.1.2.4.

S. F. Rezky, F. Sonata, and J. Sinuraya, “DESIGN VIDEO COMPANY PROFILE BASED ON 3D ANIMATION ON MILLENNIUM ICT MEDAN,” INFOKUM, vol. 10, no. 2, pp. 830–837, 2022.

A. T. Devega et al., “Design and Analysis of the Motion Graphic Publication Program Implementation as a Promotional Media for Batam TV,” in Proceedings of the 8th International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2021), 2021, pp. 85–91. doi: 10.2991/assehr.k.211208.015.

S. Yanuartuti, N. Mariasa, and I. Sabri, “The Making of Cinematic Company Profile of Cultural Arts Education Study Program as Information Media and Promotion Strategy,” in Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 2023, pp. 1713–1723. doi: 10.2991/978-2-38476-008-4_185.

P. B. N. Simangunsong, “ANIMATION BASED INTRODUCTION VIDEOS MOTION GRAPHIC KADIN NORTH SUMATRA,” INFOKUM, vol. 10, no. 02, pp. 1126–1133, 2022.

A. A. Ngurah Gede Surya Atmaja, I. G. Suardika, and N. K. Sukerti, “Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Bukit Indrakila Kabupaten Bangli Berbasis Android,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.47134/jacis.v2i1.24.

M. Oktanizar and D. Kurniawan, “Development of Motion Graphic as Education Material for Promoting Shipping Industry Using EPIC Model Testing,” IJNMT (International J. New Media Technol., vol. 8, no. 1 SE-Articles, Jun. 2021, doi: https://doi.org/10.31937/ijnmt.v8i1.1793.

B. A. Kesuma, “Animated Video Design of Motion Graphic-Based Passenger Guide Ships at Port of Bandar Deli,” Instal, vol. 14, no. 1, pp. 39–44, 2022, doi: https://doi.org/10.54209/jurnalkomputer.v14i01.30.

J. S. Krasner, Motion Graphic Design: Applied History and Aesthetics. Focal Press, 2008.

K. Khatter and A. Kalia, “Quantification of non-functional requirements,” in 2014 Seventh International Conference on Contemporary Computing (IC3), 2014, pp. 224–229. doi: 10.1109/IC3.2014.6897177.

J. Eckhardt, D. M. Fernández, and A. Vogelsang, “How to specify Non-functional Requirements to support seamless modeling? A Study Design and Preliminary Results.” 2017.

H. A. Fatta and U. Amikom, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Penerbit Andi.

E. Herliyani, “Animasi Dua Dimensi,” Yogyakarta Graha Ilmu, 2014.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 119, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Mustopa, A., & Juraidi, A. . (2023). Perancangan Video Profile CV. Bumi Raya Sekata Berbasis Motion graphic . Journal Automation Computer Information System, 3(1), 73–80. https://doi.org/10.47134/jacis.v3i1.59

Issue

Section

Articles