Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya

Authors

  • Kharisma Sabbihatul Mustaghfaroh Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Fatra Nonggala Putra Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ratika Sekar Ajeng Ananingtyas Program Studi Fisika, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.47134/jacis.v1i2.22

Keywords:

media pembelajaran, interaktif, articulate storyline, multimedia development life cycle

Abstract

Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, menuntut tenaga pendidik untuk dapat lebih menyajikan media yang beragam, salah satunya media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan metode MDLC pada materi Benda dan Perubahan Sifat Benda untuk peserta didik tingkat dasar. Penelitian dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang diberikan kepada 20-25 peserta didik tingkat sekolah dasar untuk mengetahui respon user terhadap media pembelajaran interaktif ini. Hasilnya, aspek-aspek yang dinilai memperoleh kriteria rata-rata sangat baik dengan presentase sebesar 92,80%. Aspek yang mendapatkan presentase rata-rata terbesar ada pada aspek pembelajaran sebesar 93,18%. Kemudian pada aspek kualitas media mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,91%, sedangkan pada aspek minat mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,55%. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini mendapat respon positif dari user.

References

[1] Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
[2] Unaisah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Prinsip Desain Di Smk Negeri 1 Saptosari,” 2018.
[3] I. G. P. Asto, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam- Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Di Smk Negeri 2 Bojonegoro,” pp. 177–181, 2015.
[4] L. Anas, “PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PELAJARAN (FISIKA ENERGY) UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS,” J. Teknol. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 24–41, 2019, doi: https://doi.org/10. 21009/jtp.v21i1.10570.
[5] B. Wulandari, F. Ardiansyah, P. Eosina, and H. Fajri, “Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia,” KREA-TIF J. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 11–19, 2019, doi: 10.32832/kreatif.v7i1.2028.
[6] L. F. Yeni, “Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Microbiology Sub Materi Isolasi Bakteri,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 6, no. 1, pp. 57–67, 2016, doi: 10.26418/jpmipa.v6i1.17591.
[7] M. Muchson, M. Munzil, B. E. Winarni, and D. Agusningtyas, “Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa Sma,” J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kim., vol. 4, no. 1, pp. 51–64, 2018, doi: 10.17977/um026v4i12019p051.
[8] Y. S. Utami and Wahyudi, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 03, no. 2, pp. 62–71, 2021.
[9] I. Ernawati, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 204–210, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
[10] K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981

Downloads

Published

2021-12-03

How to Cite

Mustaghfaroh, K. S. ., Putra, F. N. ., & Ajeng Ananingtyas, R. S. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya. Journal Automation Computer Information System, 1(2), 100–109. https://doi.org/10.47134/jacis.v1i2.22

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.