Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jacis.v1i2.22Keywords:
media pembelajaran, interaktif, articulate storyline, multimedia development life cycleAbstract
Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, menuntut tenaga pendidik untuk dapat lebih menyajikan media yang beragam, salah satunya media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan metode MDLC pada materi Benda dan Perubahan Sifat Benda untuk peserta didik tingkat dasar. Penelitian dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang diberikan kepada 20-25 peserta didik tingkat sekolah dasar untuk mengetahui respon user terhadap media pembelajaran interaktif ini. Hasilnya, aspek-aspek yang dinilai memperoleh kriteria rata-rata sangat baik dengan presentase sebesar 92,80%. Aspek yang mendapatkan presentase rata-rata terbesar ada pada aspek pembelajaran sebesar 93,18%. Kemudian pada aspek kualitas media mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,91%, sedangkan pada aspek minat mendapatkan presentase rata-rata sebesar 92,55%. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini mendapat respon positif dari user.
References
[2] Unaisah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Prinsip Desain Di Smk Negeri 1 Saptosari,” 2018.
[3] I. G. P. Asto, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam- Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Di Smk Negeri 2 Bojonegoro,” pp. 177–181, 2015.
[4] L. Anas, “PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PELAJARAN (FISIKA ENERGY) UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS,” J. Teknol. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 24–41, 2019, doi: https://doi.org/10. 21009/jtp.v21i1.10570.
[5] B. Wulandari, F. Ardiansyah, P. Eosina, and H. Fajri, “Media Pembelajaran Interaktif IPA untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia,” KREA-TIF J. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 11–19, 2019, doi: 10.32832/kreatif.v7i1.2028.
[6] L. F. Yeni, “Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Microbiology Sub Materi Isolasi Bakteri,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 6, no. 1, pp. 57–67, 2016, doi: 10.26418/jpmipa.v6i1.17591.
[7] M. Muchson, M. Munzil, B. E. Winarni, and D. Agusningtyas, “Pengembangan Virtual Lab Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa Sma,” J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kim., vol. 4, no. 1, pp. 51–64, 2018, doi: 10.17977/um026v4i12019p051.
[8] Y. S. Utami and Wahyudi, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 03, no. 2, pp. 62–71, 2021.
[9] I. Ernawati, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 204–210, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
[10] K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kharisma Sabbihatul Mustaghfaroh, Fatra Nonggala Putra, Ratika Sekar Ajeng Ananingtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.