Pembangunan Aplikasi Pengendalian Stok Barang Berbasis Android

  • Syehka Sofia Arya Larasati Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Muhamat Maariful Huda Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Muhammad Lutfi Ashari Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: stok barang, android, blackbox testing

Abstract

Fast And Loud Industries adalah perusahaan kaos sablon dengan jenis kain Cotton Combed 24s dan 30s yang dipasarkan di seluruh Indonesia dalam jumlah besar maupun eceran. Pengendalian stok dilakukan berdasarkan ketentuan stok minimum dan stok maksimum berdasarkan nilai penjualan dan pembelian perusahaan. Sistem pengendalian stok kaos sablon yang digunakan perusahaan pada saat ini masih menggunakan sistem klasik yaitu dengan menggunakan sistem manual berupa buku penjualan untuk pengolahan datanya. Sistem yang digunakan ini dirasakan masih cukup lambat dalam penyajian laporan stok kaos yang dimiliki perusahaan dan hasilnya sehingga stok barang menjadi tidak akurat. Hal ini menimbulkan kekecewaan pelanggan karena jenis barang yang dipesan tidak tersedia. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi stok barang berbasis android untuk membantu penanganan stok barang di Fast And Loud Industries. Setelah aplikasi selesai dibangun, kemudian dilakukan pengujian dengan metode blackbox testing. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi pengendalian stok barang dapat berjalan dengan baik.

References

[1] P. D. D. A. Tempo, Perdagangan Bebas dan Dampaknya Bagi Indonesia. Tempo Publishing.
[2] H. Wijoyo, Pengantar Aplikasi Komputer. Insan Cendekia Mandiri, 2021.
[3] A. Iskandar et al., Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis, 2020.
[4] S. K. M. S. I. Muhamad Alda, Aplikasi CRUD Berbasis Android Dengan Kodular Dan Database Airtable. Media Sains Indonesia, 2020.
[5] H. Wijoyo, Rancang bangun system informasi berbasis android dengan penerapan qr code pada pengelolaan persediaan barang. Insan Cendekia Mandiri, 2021.
[6] M. M. R. W. S. P. Dra. Yatimatun Nafiā€™ah, Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia, 2021.
[7] A. Nordeen, Learn UML in 24 Hours. Guru99, 2020.
[8] J. Watkins and S. Mills, Testing IT: An Off-the-Shelf Software Testing Process. Cambridge University Press, 2020.
Published
2022-06-06
How to Cite
Arya Larasati, S. S., Maariful Huda, M., & Lutfi Ashari, M. (2022). Pembangunan Aplikasi Pengendalian Stok Barang Berbasis Android. Journal Automation Computer Information System (JACIS), 2(1), 74-81. https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.37
Section
Articles