Implementasi Black Box Testing Pada Game Ular Untuk Mendeteksi Bug
DOI:
https://doi.org/10.47134/jacis.v4i2.85Keywords:
Black box, Game, BugAbstract
Permainan Ular adalah salah satu permainan klasik yang masih populer hingga saat ini, namun sering mengalami bug yang mengganggu pengalaman pengguna. Deteksi bug yang tidak terdeteksi selama tahap pengembangan menjadi permasalahan yang signifikan dan mendesak untuk diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Black Box Testing pada permainan Ular guna mendeteksi bug yang mungkin terlewatkan. Sebuah sistem Black Box Testing dikembangkan untuk menjalankan skenario pengujian secara otomatis tanpa memperhatikan logika internal permainan. Pengujian dilakukan terhadap berbagai fitur dan fungsi permainan Ular, seperti pergerakan ular, mekanisme pertumbuhan ular, dan interaksi antara ular dengan elemen permainan lainnya. Teknik black box testing yang digunakan mencakup Equivalence Partitioning, Boundary Value Analysis, Use Case Testing, dan Decision Table Technique. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode Black Box Testing berhasil mendeteksi 1 bug dari 28 skenario uji, yaitu ketidaksesuaian kecepatan pergerakan ular sesuai dengan levelnya. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa game ini masih memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitasnya
References
[1] A. Ijudin and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Berita Online dengan Menggunakan Metode Boundary Value Analysis,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 1, pp. 8–12, 2020. DOI: https://doi.org/10.32493/informatika.v5i1.3717
[2] D. Ahrizal, M. K. Miftah, R. Kurniawan, T. Zaelani, and Yulianti, “Pengujian Perangkat Lunak Sistem Informasi Peminjaman PlayStation dengan Teknik Boundary Value Analysis Menggunakan Metode Black Box Testing,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 1, pp. 73–77, 2020, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika73 DOI: https://doi.org/10.32493/informatika.v5i1.4338
[3] S. Maji and J. Frank, “What is in the black box? – A perspective on software in cryoelectron microscopy,” Biophys J, vol. 120, no. 20, pp. 4307–4311, Oct. 2021, doi: 10.1016/j.bpj.2021.09.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bpj.2021.09.015
[4] S. Nidhra and J. Dondeti, “Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review,” International Journal of Embedded Systems and Applications, vol. 2, no. 2, pp. 29–50, Jun. 2012, doi: 10.5121/ijesa.2012.2204. DOI: https://doi.org/10.5121/ijesa.2012.2204
[5] A. Kurniawan, A. Maulana, V. R. Sukma, W. Keumala, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalents Partitions (Studi Kasus: PT Arap Store),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi , vol. 3, no. 1, pp. 50–56, 2020, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI50 DOI: https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i1.4307
[6] I. Permatasari, F. Adhania, S. A. Putri, and S. R. C. Nursari, “Pengujian Black Box Menggunakan Metode Analisis Nilai Batas pada Aplikasi DANA,” Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 373–387, 2023. DOI: https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.8289
[7] C. Fadhana, Anwar, and M. Nasir, “Rancang Bangun Sistem Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Pengujian Black Box Testing,” Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, vol. 2, no. 2, 2019.
[8] F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 125–130, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika DOI: https://doi.org/10.32493/informatika.v4i4.3782
[9] R. R. N. Fikri, I. Indera, A. Rahardi, and I. Agus, “Pengujian Blackbox pada Sistem Informasi Komunitas Pecinta Kucing di Bandar Lampung,” TEKNIKA, vol. 18, no. 1, pp. 25–34, 2024.
[10] Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” Jurnal Digital Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 22–26, 2021. DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v4i1.3163
[11] S. D. S. Saian, N. L. Kakihary, and T. Wahyono, “Pengujian Content Management System (Cms) Sekolahku Menggunakan Metode Black Box Testing Dengan Teknik Boundary Value Analysis,” Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 1, no. 2, pp. 100–113, 2022, [Online]. Available: https://sekolahku.web.id/ DOI: https://doi.org/10.24246/itexplore.v1i2.2022.pp100-113
[12] A. Firmansyah, M. A. Arief, M. D. F. Falah, O. D. Dharmawan, and J. Riyanto, “Pengujian Aplikasi Sistem Penilaian Mahasiswa Dengan Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 175–179, 2022, [Online]. Available: http://pijarpemikiran.com/index.php/Scientia
[13] N. M. Arofiq, A. Laksana, and A. Saifudin, “Pengujian Sistem Schedule Planning Produksi Dengan Metode Black Box Testing pada PT. Smartfren Telecom TBK Untuk Pemula,” Teknologi, Bisnis Dan Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 71–79, 2023, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/teknobis
[14] S. D. Pratama, Lasimin, and M. N. Dadaprawira, “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Edu Digital Berbasis Website Menggunakan Metode Equivalence Dan Boundary Value,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 6, no. 2, pp. 560–569, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index DOI: https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8166
[15] Meenu and Navita, “Study and Analysis of Software Testing,” International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication , vol. 3, no. 12, pp. 6674–6678, 2015, [Online]. Available: http://www.ijritcc.org
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fauziah Putri Utami, Hilya Zahra Alifa, Muhammad Ainul Yaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.