Manajemen Stakeholder pada Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jacis.v2i02.49Keywords:
stakeholder, SNP, PMBOKAbstract
Kondisi stakeholder merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi yang tepat agar Kepala Sekolah dapat melakukan manajemen stakeholder. Data primer didapatkan dari Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan data sekunder atau data pendukung yang didapatkan dari Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Pada penelitian ini menggunakan analisis Management Stakeholder dalam Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Hasil penelitian utama menunjukan bahwa hasil strategi stakeholder tergolong menjadi Key Player sebanyak 3 stakeholder, yaitu Kepala sekolah, Menteri pendidikan nasional dan Komite sekolah. Keep Informed sebanyak 1 stakeholder, yaitu Karyawan / Tata usaha. Keep Satisfied sebanyak 3 stakeholder, yaitu Guru, Siswa dan Orang tua siswa dan Minimal Effect sebanyak 0 stakeholder
References
M. H. F. Ulum, M. M. Syafi’udin, and M. A. Yaqin, “Perencanaan Manajemen Stakeholder di Pondok Pesantren Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK),” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 255–265, 2021, doi: 10.28926/ilkomnika.v3i2.169. DOI: https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i2.169
H. P. Chandra, Indarto ., I. P. A. Wiguna, and Peter Kaming, “Peran Kondisi Pemangku Kepentingan Dalam Keberhasilan Proyek,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 13, no. 2, pp. 135–150, 2011. DOI: https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.135-150
F. Y. Y. Ling, S. P. Low, S. Q. Wang, and H. H. Lim, “Key project management practices affecting Singaporean firms’ project performance in China,” Int. J. Proj. Manag., vol. 27, no. 1, pp. 59–71, 2009, doi: 10.1016/j.ijproman.2007.10.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2007.10.004
K. Aaltonen, K. Jaakko, and O. Tuomas, “Stakeholder salience in global projects,” Int. J. Proj. Manag., vol. 26, no. 5, pp. 509–516, 2008, doi: 10.1016/j.ijproman.2008.05.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2008.05.004
T. Williams, H. Vo, K. Samset, and A. Edkins, “The front-end of projects: a systematic literature review and structuring,” Prod. Plan. Control, vol. 30, no. 14, pp. 1137–1169, 2019, doi: 10.1080/09537287.2019.1594429. DOI: https://doi.org/10.1080/09537287.2019.1594429
I. Mustofa, “Landasan Pendidikan Islam (Telaah Kebijakan Standar Nasional Pendidikan),” Asos. Dosen Tarb., vol. 1, no. 2, pp. 24–33, 2021.
B. Barghi and S. Shadrokh sikari, “Qualitative and quantitative project risk assessment using a hybrid PMBOK model developed under uncertainty conditions,” Heliyon, vol. 6, no. 1, p. e03097, 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2019.e03097. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e03097
E. A. Chinyio and A. Akintoye, “Practical approaches for engaging stakeholders: Findings from the UK,” Constr. Manag. Econ., vol. 26, no. 6, pp. 591–599, 2008, doi: 10.1080/01446190802078310. DOI: https://doi.org/10.1080/01446190802078310
E. S. M. K. dan Wachidia, “Strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan standar nasional pendidikan,” J. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 33, 2019, doi: 0.31851/jmksp.v4i1.2472 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472
S. C. Ward, C. B. Chapman, and B. Custis, “On the allocation of risk in construction projectss,” Int. J. Proj. Manag., vol. 9781461418, pp. 2999–3003, 2012, doi: 10.1007/978-1-4614-1800-9_185. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4614-1800-9_185
Y. Gunawan and M. B. A. Hafiz, “Sekolah Ramah HAM Sebagai Upaya Penanggulangan Tindakan Kekerasan di Kalangan Siswa,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 130–150, 2021, doi: 10.18196/ppm.37.264. DOI: https://doi.org/10.18196/ppm.37.264
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mustafa Kamal Rabbani, Arya Abimanyu, Ahmad Zaim Furqon, Muhammad Ainul Yaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.