Manajemen Stakeholder pada Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK)

Authors

  • Mustafa Kamal Rabbani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Arya Abimanyu Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahmad Zaim Furqon Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Ainul Yaqin Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.47134/jacis.v2i02.49

Keywords:

stakeholder, SNP, PMBOK

Abstract

Kondisi stakeholder merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi yang tepat agar Kepala Sekolah dapat melakukan manajemen stakeholder. Data primer didapatkan dari Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan data sekunder atau data pendukung yang didapatkan dari   Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Pada penelitian ini menggunakan analisis Management Stakeholder dalam Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Hasil penelitian utama menunjukan bahwa hasil strategi stakeholder tergolong menjadi Key Player sebanyak 3 stakeholder, yaitu Kepala sekolah, Menteri pendidikan nasional dan Komite sekolah. Keep Informed sebanyak 1 stakeholder, yaitu Karyawan / Tata usaha. Keep Satisfied sebanyak 3 stakeholder, yaitu Guru, Siswa dan Orang tua siswa dan Minimal Effect sebanyak 0 stakeholder

References

M. H. F. Ulum, M. M. Syafi’udin, and M. A. Yaqin, “Perencanaan Manajemen Stakeholder di Pondok Pesantren Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK),” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 255–265, 2021, doi: 10.28926/ilkomnika.v3i2.169. DOI: https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i2.169

H. P. Chandra, Indarto ., I. P. A. Wiguna, and Peter Kaming, “Peran Kondisi Pemangku Kepentingan Dalam Keberhasilan Proyek,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 13, no. 2, pp. 135–150, 2011. DOI: https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.135-150

F. Y. Y. Ling, S. P. Low, S. Q. Wang, and H. H. Lim, “Key project management practices affecting Singaporean firms’ project performance in China,” Int. J. Proj. Manag., vol. 27, no. 1, pp. 59–71, 2009, doi: 10.1016/j.ijproman.2007.10.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2007.10.004

K. Aaltonen, K. Jaakko, and O. Tuomas, “Stakeholder salience in global projects,” Int. J. Proj. Manag., vol. 26, no. 5, pp. 509–516, 2008, doi: 10.1016/j.ijproman.2008.05.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2008.05.004

T. Williams, H. Vo, K. Samset, and A. Edkins, “The front-end of projects: a systematic literature review and structuring,” Prod. Plan. Control, vol. 30, no. 14, pp. 1137–1169, 2019, doi: 10.1080/09537287.2019.1594429. DOI: https://doi.org/10.1080/09537287.2019.1594429

I. Mustofa, “Landasan Pendidikan Islam (Telaah Kebijakan Standar Nasional Pendidikan),” Asos. Dosen Tarb., vol. 1, no. 2, pp. 24–33, 2021.

B. Barghi and S. Shadrokh sikari, “Qualitative and quantitative project risk assessment using a hybrid PMBOK model developed under uncertainty conditions,” Heliyon, vol. 6, no. 1, p. e03097, 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2019.e03097. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e03097

E. A. Chinyio and A. Akintoye, “Practical approaches for engaging stakeholders: Findings from the UK,” Constr. Manag. Econ., vol. 26, no. 6, pp. 591–599, 2008, doi: 10.1080/01446190802078310. DOI: https://doi.org/10.1080/01446190802078310

E. S. M. K. dan Wachidia, “Strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan standar nasional pendidikan,” J. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 33, 2019, doi: 0.31851/jmksp.v4i1.2472 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472

S. C. Ward, C. B. Chapman, and B. Custis, “On the allocation of risk in construction projectss,” Int. J. Proj. Manag., vol. 9781461418, pp. 2999–3003, 2012, doi: 10.1007/978-1-4614-1800-9_185. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4614-1800-9_185

Y. Gunawan and M. B. A. Hafiz, “Sekolah Ramah HAM Sebagai Upaya Penanggulangan Tindakan Kekerasan di Kalangan Siswa,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 130–150, 2021, doi: 10.18196/ppm.37.264. DOI: https://doi.org/10.18196/ppm.37.264

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Kamal Rabbani, M., Abimanyu, A. ., Zaim Furqon, A. ., & Ainul Yaqin, M. . (2022). Manajemen Stakeholder pada Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Menggunakan Project Management Body of Knowledge (PMBOK). Journal Automation Computer Information System, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.47134/jacis.v2i02.49

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)