Analisis Pola Pertumbuhan Organisasi Pondok Pesantren Berdasarkan Standar Sekolah Asrama
DOI:
https://doi.org/10.47134/jacis.v3i1.56Keywords:
Pola Pertumbuhan, Pondok Pesantren, Standar Sekolah AsramaAbstract
Pengembangan ruang lingkup Pondok Pesantren merupakan salah satu cara untuk membangun Pondok Pesantren ataupun santri yang memiliki kemandirian yang baik karena dana dan pembiayaan untuk kebutuhan Pondok Pesantren mayoritas merupakan jerih payah warga Pondok Pesantren. Pesantren memainkan peran penting sebagai penerbit dan sekaligus menghasilkan cendekiawan muslim. Meskipun potensi Pondok Pesantren relatif menggembirakan, namun selama ini masih terdapat Pondok Pesantren yang belum menerapkan organisasi dan kedisiplinan sesuai standar pengelolaan Pondok Pesantren. Standar tersebut tentu menjadi bahan dalam analisis pola pertumbuhan organisasi tersebut. Penelitian ini berturut-turut akan membahas sifat dan elemen manajemen, proses dan aspek organisasi pola pertumbuhan organisasi Pondok Pesantren berdasarkan SSA (Standar Sekolah Asrama). Pada penelitian ini dihasilkan langkah-langkah untuk mengembangkan Pondok Pesantren setelah mengacu kepada SSA (Standard Boarding School).
References
A. Nurrahmah Laili, E. Restu Gumelar, H. Ulfa, R. Sugihartanti, and H. Fajrussalam, “Akulturasi Islam Dengan Budaya Di Pulau Jawa,” J. Soshum Insentif, vol. 4, no. 2, pp. 137–144, 2021, doi: 10.36787/jsi.v4i2.612.
S. Hasan, R. Hasanah, and S. W. Jannah, “Peran dan Kontribusi Masyarakat Pesantren Dalam Berbangsa dan Bernegara,” Tabsyir J. Dakwah dan Sos. Hum., vol. 4, no. 1, pp. 19–32, 2023.
M. Heriyudanta, “Model Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia,” Southeast Asian J. Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 189–202, 2022, doi: 10.21154/sajiem.v3i2.100.
A. Hasanah, “Sejarah Pendidikan Pesantren Studi Pesantren Sebagai Pembentuk Tradisi Islam Indonesia,” Al-Idaroh J. Stud. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2022, doi: 10.54437/alidaroh.v6i1.374.
M. N. Muaffaq, S. Y. Yasin, A. Arifandi, and M. A. Yaqin, “Pemodelan Proses Bisnis Organisasi Pondok Pesantren Berdasarkan Standar Sekolah Berasrama Menggunakan Work Breakdown Structure (WBS),” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 2, no. 3, pp. 240–282, 2020, doi: 10.28926/ilkomnika.v2i3.145.
M. Dwi and M. Maskuri, “Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Multikultural Melalui Spirit Entrepreneur Santri,” Edunity Kaji. Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 242–261, 2023, doi: 10.57096/edunity.v2i2.55.
H. R. Riswanto, A. N. Muslikah, K. Safinah, M. A. Yaqin, and A. C. Fauzan, “Implementasi Framework Projects in Controlled Environment (PRINCE2) pada Manajemen Kompetensi dan Profesionalisme Birokrasi Organisasi Pondok Pesantren,” Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 2, no. 3, pp. 299–313, 2020, doi: 10.28926/ilkomnika.v2i3.140.
R. Husnan and M. Muhlas, “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pesantren di Jawa Timur,” JIEMAN J. Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 277–294, 2021, doi: 10.35719/jieman.v3i2.71.
M. Nasir and M. Maisah, “Pengelolaan Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam,” J. Manaj. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 602–623, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2 Received:
W. W. Pratiwi, M. F. Fathoni, A. Santoso, and M. A. Yaqin, “Analisis Pola Pertumbuhan Arsitektur Bisnis Sekolah Berdasarkan CMM,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 5, no. 1, p. 102, 2020, doi: 10.30645/jurasik.v5i1.174.
U. M. Munawaroh, M. S. Al Ayyubi, M. F. Al Amal, and M. A. Yaqin, “Analisis pola pertumbuhan kebutuhan sekolah,” Anal. Pola Pertumbuhan Kebutuhan Sekol., no. December 2019, pp. 67–74, 2019.
D. Rambe, A. N. Hasibuan, and C. Chairunnisa, “Analisis Kinerja Guru Dipengaruhi Servant Leadership dan Komitmen Organisasi (Survey Pada Guru Smpn 124 Jakarta),” Mediastima, vol. 26, no. 2, pp. 203–222, 2020, doi: 10.55122/mediastima.v26i2.129.
G. H. Achmad, D. Ratnasari, A. Amin, E. Yuliani, and N. Liandara, “Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5685–5699, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3280.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Emilia Ichdatuz Zahra, Muhammad Ainul Yaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.